ramasnugraha

Ruang berbagi inspirasi kepemimpinan dalam dunia kerja, bisnis, dan kehidupan

Berkorban dalam Kepemimpinan

Posted by ramasnugraha pada September 17, 2012

by : Rama S Nugraha

(Dedicated untuk seseorang spesial yang tidak ingin disebutkan namanya dalam artikel ini. Thank you very much. U inspire my life)

“Bila anda ingin orang lain membantu dan mencintai anda, maka bantulah orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan dalam hidup mereka!”

Benarkah ketika kita kebetulan dipercaya sebagai seorang pemimpin atau atasan, lalu kita berhak serta-merta menuntut dedikasi dan kerja keras dari bawahan atau pengikut kita? Ataukah kita harus membuktikan kepada setiap bawahan kita bahwa kita adalah sosok pemimpin yang layak untuk mereka ikuti sebagai pemimpin, sehingga mereka bersedia mendedikasikan diri mereka sepenuhnya sebagai pengikut dalam kepemimpinan kita?

Inilah hal pertama yang biasa saya ingatkan ketika memberikan coaching kepada para pemimpin di perusahaan klien saya. “Terkadang kita lupa bahwa posisi tidak dapat membeli kesetiaan!” Kepatuhan mungkin bisa kita dapatkan, namun untuk mendapatkan kesetiaan, dedikasi tinggi, kerja keras, seorang atasan membutuhkan usaha dan kesungguhan untuk membuktikan bahwa dirinya layak disebut pemimpin.

Lalu apa yang dapat anda lakukan untuk merubah status anda dari seorang atasan menjadi seorang pemimpin dalam organisasi? Karena dalam sebuah organisasi, atasan belum tentu dianggap sebagai pemimpin dalam organisasi!

1. Tunjukkan Pengorbanan Anda kepada Bawahan

Kadang bawahan ingin melihat atasannya bersusah-susah untuk membantu mereka. Mereka tidak ingin anda untuk mengerjakan pekerjaan mereka, apalagi mengambil alih pekerjaan mereka, mereka hanya ingin anda merasakan jam kerja yang sama ketika mereka harus mengambil over time ketika pekerjaan memerlukan waktu ekstra diluar jam kerja. Mereka ingin anda langsung mengkoreksi pekerjaan mereka ketika mereka melaporkannya kepada anda dan memberikan komentar anda, sudah baik atau ada koreksi yang perlu dilakukan, dan lain-lain

2. Selalu ADA bila dibutuhkan

Satu hal yang paling tidak disenangi bawahan adalah atasan yang tidak hadir untuk membimbing ketika mereka mengalami kesulitan dalam pekerjaan. Anda tidak harus selalu ada di kantor, namun pastikan anda harus selalu bisa dihubungi dan bersedia meluangkan waktu anda yang super sibuk untuk membimbing bawahan anda kapanpun mereka membutuhkan bimbingan anda. Lalu pastikan anda selalu hadir ketika masa-masa genting dan bersedia membela mereka ketika mereka melakukan kesalahan, karena bagaimanapun juga, kesalahan bawahan anda adalah TANGGUNG JAWAB anda sebagai pemimpin.

3. Perhatian melalui Pengembangan Kompetensi dan Apresiasi

Hal terakhir yang akan membuat bawahan anda merasa bangga karena memiliki pemimpin seperti anda sebagai atasan mereka adalah pada bagaimana anda mengenali kelebihan mereka lalu mengapresiasi secara layak dan mengetahui kekurangan mereka lalu anda bersedia mencurahkan sebagian dari waktu anda yang padat untuk mengembangkan kompetensi mereka untuk menutupi kekurangan bawahan sehingga kompetensi mereka bisa berkembang untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Bila tiga pengorbanan ini anda lakukan dalam kepemimpinan anda, maka yakinlah bahwa anda akan mendapatkan bawahan yang dengan bangga menyebut anda sebagai PEMIMPIN mereka dan menyebut diri mereka PENGIKUT anda. Inilah inti utama dari PRODUKTIVITAS, bagaimana anda mampu mengeluarkan kemampuan dan dedikasi terbaik dari setiap pengikut anda, sehingga mereka bisa tumbuh dan bermekaran lalu menjadi lebih indah dan kompeten di masa depan.

“Sebaik-baik pemimpin adalah mereka yang dicintai pengikutnya dan pengikutnya pun mencintainya. Pemimpin mendoakan pengikutnya, dan pengikutnya pun mendoakannya. Seburuk-buruk pemimpin adalah mereka yang membenci pengikutnya dan pengikutnya pun  membencinya. Pemimpin melaknat pengikutnya, dan pengikutnya pun melaknatnya!”

Semoga Bermanfaat

Rama S Nugraha. CEO of INSIGHT Power, Corporate Leadership Coach yang membantu perusahaan untuk memimpin dengan lebih produktif, Leadership Trainer, dan Pengarang Buku Bestseller “Jangan jadi PEMIMPIN sebelum BACA BUKU INI!”. Beliau dapat dihubungi melalui no +6221 4550 4990 atau email : insightpower@ymail.com

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: