ramasnugraha

Ruang berbagi inspirasi kepemimpinan dalam dunia kerja, bisnis, dan kehidupan

Mengapa Seorang Pemimpin Diikuti?

Posted by ramasnugraha pada September 3, 2012

Ini adalah sebuah pertanyaan klasik yang sering saya tanyakan pada klien coaching saya. Menurut anda “Mengapa anda sebagai seorang pemimpin harus diikuti oleh bawahan dan orang-orang di sekeliling anda?”. Sebuah pertanyaan yang biasanya akan membuat orang yang ditanya tertegun dan mulai berpikir “Oh ya, bener juga ya? Selain karena saya adalah atasan mereka atau orang yang bisa membantu karir mereka, mengapa mereka harus mengikuti saya?”

Banyak saya temui di dalam dunia kerja dan bisnis, orang sangat memfokuskan dirinya pada how to make the job done, bahkan sampai-sampai sebagian dari mereka menghalalkan segala cara seperti menekan bawahan atau mengambil pekerjaan yang seharusnya tidak diambil oleh seorang pimpinan, hanya untuk terlihat mampu menyelesaikan pekerjaannya. Apakah hal ini salah? TIDAK bila hal ini dilakukan hanya sesekali, SALAH bila tindakan ini dilakukan berkali-kali.

Lalu, apa yang harus kita lakukan agar mampu menjadi Respected Leader sekaligus mengamankan terselesaikannya tugas kerja kita sebagai seorang pemimpin? Disini saya akan bagikan 3 tips sederhana kepada anda, yang bila anda lakukan, akan menghasilkan result yang sangat luar biasa dalam kepemimpinan anda :

1. Fokuslah pada Attitude yang Baik

“Sikap itu jauh lebih manjur daripada kata-kata”. Bila anda ingin menjadi pemimpin yang tidak hanya diikuti lantaran anda adalah atasan bagi bawahan anda, milikilah sikap yang bisa menjadi teladan bagi bawahan dan rekan-rekan kerja di sekeliling anda. Sikap baik yang bagaimanakah yang harus anda miliki? Inilah jawaban dari pertanyaan anda : “Atasan ideal seperti apakah yang sebenarnya ingin anda miliki untuk menunjang kerja anda dan membuat anda bahagia dalam bekerja di kantor anda saat ini?” Jawaban dari pertanyaan inilah, jawaban yang anda cari untuk menjadi pemimpin dengan attitude yang baik dalam menjalankan kepemimpinan.

2. Jadilah MENTOR dan atau COACH yang baik bagi bawahan anda

Tugas utama seorang pemimpin sejatinya adalah mendidik bawahan anda sehingga pada akhirnya mereka bisa memiliki kemampuan minimal persis sama seperti apa yang anda mampu. Jadi bila saat ini anda mengatakan bahwa bawahan anda tidak capable, berarti sebenarnya anda sedang membicarakan diri anda sendiri yang tidak mampu mendidik bawahan anda. Pelajari cara-cara yang benar dalam menjadi MENTOR atau COACH dalam kepemimpinan sehingga bawahan anda mampu menjadi pribadi yang capable dan mampu menyelesaikan tugas kerja yang anda berikan sehingga anda dapat benar-benar menjalankan fungsi kepemimpinan anda yaitu MEMIMPIN!

3. Berdayakan Bawahan Anda

Isu utama yang sering membuat seorang pemimpin disibukkan oleh tugas-tugas bawahannya adalah ketidakpercayaannya terhadap kemampuan bawahan dan kurangnya kontrol dalam mengawasi pekerjaan dari bawahan sehingga pada akhirnya pekerjaan bawahan anda salah dan harus anda selesaikan sendiri. Berikan pekerjaan pada bawahan yang anda anggap mampu, latih mereka yang menurut anda belum mampu sehingga pada akhirnya mereka menjadi mampu dalam menyelesaikan tugas kerja yang anda tugaskan, dan terakhir terapkan fungsi kontrol yang rutin selama pengerjaan tugas kerja. Ajak mereka berdiskusi tentang tugas yang anda berikan di tengah-tengah proses mereka mengerjakan tugas kerja mereka, selain ini membantu pengerjaan tugas mereka, karena mereka bisa bertanya tentang beberapa hal yang mungkin mereka masih bingungkan, sekaligus ini dapat membuat anda membenarkan tugas mereka seandainya ada beberapa hal yang menurut anda sudah keluar dari jalurnya.

Inilah 3 hal sederhana yang bisa anda lakukan bila anda benar-benar ingin diikuti sebagai seorang pemimpin. “Tidak ada murid yang lupa pada jasa gurunya!” Bila anda sudah dianggap sebagai orang yang berjasa dalam karir dan kompetensi bawahan anda, maka sampai kapanpun mereka akan menghormati anda dan nama anda akan selalu diingat sebagai sosok pemimpin dalam kehidupan mereka

Semoga Bermanfaat

Rama S Nugraha. CEO of INSIGHT Power, Corporate Leadership Coach yang membantu perusahaan untuk memimpin dengan lebih produktif, Leadership Trainer, dan Pengarang Buku Bestseller “Jangan jadi PEMIMPIN sebelum BACA BUKU INI!”. Beliau dapat dihubungi melalui no +6221 4550 4990 atau email : insightpower@ymail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: