ramasnugraha

Ruang berbagi inspirasi kepemimpinan dalam dunia kerja, bisnis, dan kehidupan

Integritas Kepemimpinan

Posted by ramasnugraha pada September 5, 2012

By Rama S Nugraha

Dalam setiap kesempatan, sering kita dengar nasihat bahwa seorang pemimpin harus memiliki integritas. Pertanyaannya saat ini adalah : “Apakah yang disebut sebagai integritas?” Bila kita tilik dalam kamus bahasa indonesia, salah satu arti dari kata integritas adalah kejujuran, lalu sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi yang memancarkan kewibawaan. Jadi bila ditarik sebuah benang merah, maka tujuan dari integritas disini adalah segala macam sifat yang memancarkan kewibawaan sehingga seorang pemimpin itu dihormati, diakui, dan diikuti sebagai seorang pemimpin.

Lalu pertanyaannya saat ini adalah : “Sifat atau perilaku apa yang bisa membuat seorang pemimpin dikategorikan berwibawa?” Apakah cukup hanya dengan jujur lalu seorang pemimpin dapat dikategorikan memiliki integritas? Inilah beberapa sikap yang saya temui dapat membuat seorang pemimpin berwibawa dalam kepemimpinannya :

1. Keyakinan yang kuat pada visi masa depannya

Memiliki visi yang kuat saja tidaklah cukup ketika kita ingin menjadi pemimpin yang berwibawa. Kita harus memiliki keyakinan yang kuat pada visi yang kita bagikan, sehingga setiap bawahan memiliki keberanian untuk meyakini visi kita dengan melihat besarnya keyakinan kita.

2.Melakukan apa yang diucapkan.

Orang-orang menyebutnya dengan Walk The Talk, melakukan apa yang telah diucapkan. Disinilah penilaian utama dari seorang pemimpin, apakah layak untuk dipercaya ataukah hanya termasuk golongan yang NATO (No Action Talk Only).

3.Menjadi Pribadi Penolong

Sebelum kita berharap untuk dihormati, maka kita harus menghormati terlebih dahulu. Inilah aturan utama dalam kehidupan, dan begitu juga dalam kepemimpinan. Sebelum anda berharap setiap bawahan anda rela memberikan 100% kemampuan dan usaha mereka, pastikan mereka dapat melihat dan merasakan bahwa anda adalah pemimpin yang 100% siap berkotor-kotor dalam menolong dan melatih mereka menjadi pribadi dan bawahan yang lebih hebat dalam kepemimpinan anda.

4. Bertanggung Jawab dalam setiap situasi

Salah satu kualitas kepemimpinan yang dicintai oleh bawahan adalah mereka tahu apapun kreatifitas, inovasi, dan pembaharuan yang mereka usahakan, pemimpin mereka tidak akan meninggalkan mereka atau cuci tangan bila seandainya terjadi kesalahan dalam usaha mereka. Inilah tanggung jawab yang sangat diharapkan dari seorang pemimpin. Seperti kata salah seorang sahabat saya yang kebetulan memiliki posisi direktur di tempat kerjanya : “Silahkan berinovasi, selama itu dapat dipertanggung jawabkan, maka jangan takut untuk mencoba. Bila merasa bingung, tanyalah pada saya. Bila terjadi kesalahan, maka saya akan tanggung kesalahan anda. Jadi bekerjalah dengan giat untuk memajukan perusahaan kita!” Maka saya tidak heran, di usianya 36 tahun, ia sudah dipercaya untuk menjadi direktur di tempatnya bekerja.

Inilah sebagian kualitas integritas dalam kepemimpinan yang akan membuat anda memancarkan kewibawaan dalam kepemimpinan anda. Lakukan kualitas perilaku ini, maka anda akan diakui sebagai seorang pemimpin yang memiliki integritas dalam kepemimpinan.

Semoga Bermanfaat

Rama S Nugraha. CEO of INSIGHT Power, Corporate Leadership Coach yang membantu perusahaan untuk memimpin dengan lebih produktif, Leadership Trainer, dan Pengarang Buku Bestseller “Jangan jadi PEMIMPIN sebelum BACA BUKU INI!”. Beliau dapat dihubungi melalui no +6221 4550 4990 atau email : insightpower@ymail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: