ramasnugraha

Ruang berbagi inspirasi kepemimpinan dalam dunia kerja, bisnis, dan kehidupan

Efek Networking dalam Kepemimpinan

Posted by ramasnugraha pada September 6, 2012

By : Rama S Nugraha

Minggu ini saya bertemu dengan  dua orang sahabat yang berbeda, keduanya memiliki posisi yang sama-sama tinggi di dalam perusahaan, Vice President, dan sama-sama di perusahaan berplat merah, namun kedua sahabat saya ini ternyata memiliki sifat yang sangat bertolak belakang.

Sahabat A adalah sahabat yang terbentuk menjadi seseorang yang mudah marah, berpikiran sempit, wajahnya terlihat penuh dengan permasalahan, topik yang senang didiskusikannya hanyalah masalah di dalam pekerjaannya. Ia bercerita betapa ia kurang puas dengan atasannya, rekan kerjanya, dan kurangnya kompetensi dari bawahan yang dimilikinya sehingga pada akhirnya ia sering over time untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Sedangkan sahabat B adalah sahabat yang sangat periang. Ketika awal bertemu saja sudah terlihat energi kebahagiaan terpancar dari raut wajahnya. Ia bercerita tentang banyak hal mulai dari tantangan-tantangan dan impian masa depan bagi dirinya dan orang-orang yang ia pimpin, betapa ia merasa banyak punya waktu luang, sempat menulis sebuah buku dan berencana untuk menyusun buku keduanya, sampai berdiskusi tentang kondisi negara saat ini dan bagaimana membenahinya menurut logika pemikirannya.

Pada kesempatan ini, saya tidak akan membahas tentang suasana atau budaya kerja di kantor masing-masing dari kedua sahabat saya ini, namun saya lebih tertarik untuk meneliti sisi luasnya persahabatan atau networking yang dimiliki oleh kedua sahabat saya ini. Saya yakin anda sudah bisa menebak isi dari bahasan saya ini bukan?

Benar sekali, ternyata sahabat A saya ini, setelah saya lakukan eksplorasi lebih dalam, persahabatan yang dimilikinya hingga saat ini hanyalah sekedar di tempatnya bekerja, bekas tempatnya bekerja, dan keluarganya. Ia ahli dalam melakukan pekerjaannya namun keahliannya hanya terbatas pada profesi yang sedang ia jalani. Sedangkan sahabat B saya ini, memiliki sahabat yang sangat variatif, mulai dari rekan kerjanya, sahabat-sahabat di masa mudanya, relasi-relasi baru, ikut dalam berbagai aktivitas sosial, aktif di organisasi alumni, organisasi kemasyarakatan, bahkan sempat bergabung dalam organisasi politik yang meskipun akhirnya ia tinggalkan karena kesibukan yang tidak memungkinkan.

Ternyata pergaulan, relasi, networking yang kita lakukan sangat membentuk kepribadian kita saat ini. Pepatah mengatakan bahwa “Bila anda ingin mengetahui siapa diri anda, maka lihatlah 5 sahabat terdekat anda” atau dalam sebuah hadist di dalam agama saya disebutkan “Barangsiapa bergaul dengan tukang minyak wangi maka akan berbau harum, dan barangsiapa bergaul dengan tukang pandai besi, maka akan ikut terpercik api”. Pergaulan atau networking kita sangat menentukan kepribadian kita sebagai pemimpin.

Menurut anda, manakah diantara kedua sahabat saya ini yang akan memiliki kepemimpinan yang lebih baik di tempat kerjanya? Manakah menurut anda yang memiliki kehidupan yang lebih bahagia? Karena kepemimpinan itu adalah tentang bagaimana kita mencontohkan keteladanan dalam perilaku kita sehari-hari, menurut anda manakah diantara kedua sahabat saya ini yang akan menjadi pemimpin yang lebih produktif dan dicintai oleh pengikutnya?

Jadi pertanyaannya saat ini adalah, tipikal seperti apa yang ingin anda jalani dalam kehidupan pribadi dan karir anda? Apakah anda bahagia dengan menjadi seperti sahabat A ataukah anda berpikir untuk menjadi seperti sahabat B? Pilihannya saat ini ada di tangan anda, karena sesungguhnya lingkungan kantor anda, terbatasnya waktu anda, kesibukan anda, bukanlah sebuah alasan yang menghalangi anda untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Semoga Bermanfaat

Rama S Nugraha. CEO of INSIGHT Power, Corporate Leadership Coach yang membantu perusahaan untuk memimpin dengan lebih produktif, Leadership Trainer, dan Pengarang Buku Bestseller “Jangan jadi PEMIMPIN sebelum BACA BUKU INI!”. Beliau dapat dihubungi melalui no +6221 4550 4990 atau email : insightpower@ymail.com

Tinggalkan Balasan

 
